Senin, 29 Maret 2010

Jebolan H. Tukri Sobikun

Sebagai icon : "Jebolan H. Tukri Sobikun Gang Sate Ponorogo" sengaja kami buat, karena di Ponorogo sendiri ada beberapa macam sate yang sudah menjamur dan hampir semuanya disukai dengan khasnya masing-masing...





















Berawal dari seringnya keluarga kami memesan sate bu Tukri [biasanya kami panggil], kami ingin mencoba belajar langsung ke ahlinya para pembuat Sate Bu tukri bagaimana membuat sate, bumbu, lontong, cara mengiris daging yang memang berbeda dengan sate pada umumnya agar kami bisa mencoba memperkenalkan sate ayam khas ponorogo ini di Bandung karena kebetulan kami menetap di Bandung jawa barat.



Walhasil dari proses belajar kurang lebih 3 bulan kami memberanikan diri untuk buka di Bandung. Semoga dari ilmu yang kami dapat, kami bisa membuat kekhasan sate ponorogo bisa terjaga..



Tunggu apalagi ...........
Silahkan mencoba dan menikmati sate "Jebolan H. Tukri Sobikun gang Sate Ponorogo" yang ada di Bandung setiap hari Ahad dari jam 07.00 di perempatan jalan cimanuk (pojok taman lansia) gasibu atau kontak kami di 022-7235093/0818310213.


Kamis, 25 Maret 2010

Ngelirik Spanduk Sate Ayam Ponorogo

Minggu yang lalu seorang pengungjung {laki-laki separuh baya bersama keponakannya} dari Jakarta yang lagi melancong ke Bandung langsung menghampiri mobil Sate Ponorogo kami. Beliau bilang:"mba, padahal saya baru saja makan mie kocok loh" yang kebetulan standnya tidak jauh dari mobil kami. Tapi ga sengaja ngelirik mobil yang berspanduk SATE AYAM ASLI PONOROGO tanpa basa basi langsung beliau memesan 1 porsi + 1 lontong daging dan 1 porsi kulit+1/2 lontong, dan dalam waktu yang sangat singkat beliau terlihat begitu menikmat seperti yang kangeeeeen gitu {udah lama kali belum bisa menikmati}. Seperti biasa para pengunjung yang sudah kenal dengan makan khas PONOROGO ini nanya dimana tempat kami buka dari senin hingga sabtu. ya... semoga entah kapan dan dimana semoga kami bisa mendapat tempat yang strategis dan cocok. Amin

Kamis, 18 Maret 2010

Menikmati Sate Ayam Ponorogo

Sate ayam ponorogo paling enak dimakan sesaat setelah matang, baru diangkat dari pembakaran sate. Ditemani dengan lontong dan sambal kacang membuat sate ponorogo makin memanjakan lidah.



Akan tetapi kalau ingin membungkus sate untuk oleh-oleh keluarga atau kerabat sate ponorogo juga tetap nikmat untuk disantap. Sesaat sebelum disantap sate ayam bisa dikukus sebentar supaya hangat.

Untuk pembelian dengan jumlah tertentu, besek unik berisi sate, lontong dan bumbu (bisa bumbu kering atau bumbu basah, minta sesuai dengan selera anda) sangat sesuai dan pantas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.



Jadi tunggu apa lagi ?

Segera bergegas ke lapangan Lansia Gasibu di hari Ahad pagi atau telpon ke Irfan (0818310213) untuk pemesanan.

Senin, 01 Maret 2010

Resep Sate Ponorogo

Banyak variasi sate ayam yang beredar di Ponorogo dan mengklaim dirinya sebagai sate ayam ponorogo. Salah satunya adalah sate Ponorogo ala pak Tukri dari gang Sate di Ponorogo.

Jadi teman-teman, di kota Ponorogo ada 1 gang yang isinya penjual sate ayam semua, karena itu gang itu diberi nama gang sate.

Nah resep yang di bawah ini adalah resep sate ayam pak Tukri. Saking banyaknya peminat sate ayam pak Tukri, pak Tukri tidak membuka outlet. Sate ayamnya sudah habis terjual oleh orang yang pesan. Hebatnya lagi pak Tukri tidak pelit ilmu. Siapa saja yang mau belajar membuat sate ayam sangat diterima di rumahnya. Di rumah itu semuanya seluk beluk sate ayam terbuka lebar dan siap di pelajari, difahami dan di praktekkan untuk orang-orang yang ingin belajar. Tidak ada bumbu rahasia yang disimpan pak Tukri seorang diri. Semuanya di buka lebar.

Sebetulnya resep ini sudah ditampilkan di blog-ku tapi aku tampilkan lagi aja di sini supaya blog ini lebih lengkap.

Bumbu Sate

200 gr Bawang merah
200 gr Bawang putih
100 gr kemiri
100 gr lengkuas
1 kg garam

150 gr ketumbar

1 sdm jintan

(digiling)



Cara membuat :


Semua bahan kecuali garam digiling jadi 1. Setelah halus baru tambahkan garam.

Cara pakainya gimana ?


1. Campur 1 bagian bumbu sate dengan 2 bagian (atau 3 bagian) gula merah yg sudah digiling/sudah cair


2. Balurkan semua bumbu pada daging ayam yang sudah diiris dan dipotong.


3. Tusuk daging ayam dengan lidi atau tusuk sate.


4. Daging ayam siap dibakar.


5. Pertama bakar setengah matang, kemudian celup ke dalam larutan gula merah, bekar lagi, ulangi sampai proses mencelup ke larutan gula merah 3 kali. Bakar hingga matang.


6. Aduhhhh udah ngecessss nih…kepingin… (pdhl semalam dah makan sate, trus tadi pagi sarapan sate juga, duh…)



Nah sekarang bumbu kacangnya.

Bumbu Kacang

Bahan :


100 gr cabe rawit

200 gr cabe besar (keriting atau besar tergantung selera)

250 gr gula merah giling

2 kg kacang tanah sangrai, giling


Cara bikin :


1. Semua bahan kecuali kacang tanah digilnig sampai halus.

2. Campurkan bumbu halus dengan kacang tanah sangrai yang sudah digiling.



Kalau ada yang berkomentar kok garamnya banyak sekali ??

Maka di jawab sama adikku yang jualan sate, karena dari campuran bumbu itu yang digunakan hanya sedikit. Untuk 1 kg daging hanya diperlukan kurang lebih 1 sdm campuran bumbu itu. Jadi lumrahkan kalau jumlah garamnya terliaht banyak.

Segitu aja sharing tentang resep sate ayam ponorogo ala pak Tukri.

Kalau dirasa terlalu repot dan ribet membuat sendiri jangan ragu-ragu untuk telpon 0818-310213 dan bicara dengan Irfan untuk pesan sate ayam-nya oke...

Sip lah ditunggu pesanannya ya.